Skip to main content

TIPS LULUS UJIAN P3K GURU UNTUK FRESHGRADUATE DAN PERTAMA IKUT TEST

Tips dan trik lulus ujian seleksi P3K Guru tanpa honorer, tanpa punya pengalaman kerja.

Fresh graduate gak mungkin lulus ujian p3k guru. Harus punya pengalaman kerja dulu. Harus jadi guru honorer dua tahun dulu. Kalau kita fresh graduate apakah tidak mungkin lulus ujian seleksi PPPK Guru? Ini dia jawabannya

TIPS DAN TRIK LULUS UJIAN PPPK GURU TANPA HONORER 

Menjadi guru ASN adalah impian hampir seluluh lulusan sarjana pendidikan. Jelas saja, sampai saat ini gaji guru honorer masih jauh dibawah UMR daerah. Padahal guru pun menginginkan kehidupan yang sejahtera. 

Guru yang sudah lama mengabdi di sekolah khususnya Sekolah Negeri tentu akan lebih mudah untuk lulus seleksi P3K Guru. Apakah mungkin alumni yang baru lulus bisa mengikuti ujian P3K Guru? Jawabannya sangat mungkin. Saya pun sudah mengalaminya. Bagaimana caranya agar lulus ujian P3K meski baru pertama sekali mengikuti ujian, atau baru mengajar hanya dalam beberapa bulan?

1. Terdaftar di DAPODIK 

Dapodik (Data Pokok Pendidikan) adalah Aplikasi Data Pokok Pendidikan, yang selanjutnya disingkat Aplikasi Dapodik adalah suatu aplikasi pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang digunakan untuk mengumpulkan dan memeriksa data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, sumber daya pendidikan, substansi pendidikan, dan capaian pendidikan yang diperbaharui secara daring.

Kabarnya untuk bisa terdaftar dalam dapodik kita harus menjadi guru selama minimal 1 atau 2 tahun di sekolah tertentu. Namun pengalaman saya tidak selalu begitu. Kebijakan setiap sekolah berbeda-beda. Ada yang hanya beberapa minggu mengajar pihak sekolah langsung mendaftarkannya ke dapodik.

Tips dari saya agar bisa segera ikut seleksi P3K Guru, carilah sekolah yang kamu tahu tidak menahan mendaftarkan guru ke dalam dapodik. Biasanya sekolah negeri cepat memasukkan guru honor ke dapodik. 

Jika kita tidak terdaftar di dapodik maka otomatis kita tidak bisa mengikuti seleksi P3K Guru.

Jadi bagaimana dengan kita yang belum terdaftar karna belum diterima menjadi honor atau belum di daftarkan sekolah?



2. Jika belum terdaftar di DAPODIK

Jangan bersedih, masih ada kesempatan untuk kamu mengikuti seleksi P3K Guru apabila belum terdaftar di dapodik. Saya pribadi mengikuti tips yang kedua ini.
Ikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG)
Bagaimana caranya? Saya belum honor tidak mungkin bisa PPG. 
Saat ini pemerintah membuka peluang untuk kita yang fresh graduate atau baru wisuda. Dengan adanya program PPG Prajabatan memungkinkan kita untuk mengikuti seleksi PPPK Guru meski pun baru wisuda. 

Peluang kamu untuk lulus P3K Guru juga sangat tinggi karena kamu akan mendapatkan afirmasi teknis 100%. Syarat untuk mengikuti program ini adalah belum terdaftar di dapodik. 
Menarik bukan? Bahkan kamu juga akan langsung mendapatkan gelar guru profesional dan sertifikar pendidik. Selain Guru ASN kamu juga akan mendapatkan sertifikasi sebesar 100% dari gaji pokok kamu. 

Tapi ada jugaloh yang tidak lulus seleksi P3K Guru sekalipun sudah ikut PPG. Apa penyebabnya?
- Nilai ujian tidak lulus passing grade atau ambang batas
- Salah strategi dalam memilih formasi

Biar tidak salah baca tips dan trik berikut

3. Mempersiapkan diri

Pelajari soal-soal seleksi PPPK Guru. Kamu juga bisa mengikuti try out yang disediakan oleh berbagai lembaga untuk menguji kemampuan. Ingat sekalipun afirmasi teknis 100%, jika tidak lulus PG atau ambang batas sama dengan tidak lulus PPP3 Guru. Jadi persiapkan dirimu

4. Mengatur strategi dalam memilih formasi

Ingat pesaingmu dalam seleksi PPPK Guru sangat banyak. Keuntungan apabila kamu memiliki sertifikat pendidik kamu bisa memilih formasi di seluruh wilayah Indonesia. Menarik bukan?
Jadi jangan sembarangan ambil formasi. Pilihlah tempat dan jurusan yang pesaingnya tidak banyak. 
Kalau tidak mau bagaimana? Ya kamu tanggung sendiri resikonya haha

Mudahkan caranya lulus ujian PPPK Guru? Sekalipun kita belum punya pengalaman kerja kita bisa lulus bersama.

Selamat berjuang Pejuang PPPK Guru










Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Renungan Harian Pemuda Kristen Terbaru, Orang Muda Siap Dibentuk

Shalom... ORANG MUDA SIAP BERPROSES Bacaan: Yosua 1 : 1-11 Nats : Yosua 1 : 8  “Jangan engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam…sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil….” Sahabat muda-mudi, hidup adalah proses. Perubahan dan keberhasilan pun membutuhkan proses. Tidak ada hasil baik yang diperoleh dengan mudah meskipun dunia sekarang ini lebih suka dengan hal-hal yang serba cepat dan instan. Jargon “lebih cepat lebih baik” tidak selalu tepat dan tidak bisa diterapkan untuk segala hal sebab segala sesuatu mempunyai prosesnya. Karena itu, yang penting di sini adalah menjalani proses sesuai dengan apa yang seharusnya. Baca Juga  Renungan Harian Pemuda Kristen Terbaru, Orang Muda Pasti Bisa Sahabat Muda, kita bisa belajar dari kisah perjalanan bangsa Israel ke tanah Kanaan menunjukkan bahwa menjalani proses merupakan bagian dari kehendak Tuhan. Tidak semua orang orang bisa masuk ke negeri yang dijanjikan Tuhan. Bahkan Mus

150 Kata-Kata Bijak, Motivasi dan Renungan Rohani Kristen yang Akan Mengawali Harimu dengan Lebih Menyenangkan

Shalom .... Tentu ada titik lemah dimana seseorang tidak bisa membedakan mana jalan yang harus ditempuh dan harus dihindari. Itu adalah hal yang wajar, apalagi ketika berhadapan dengan tumpukan masalah yang datang silih berganti. Disinilah permasalahan akan menguji kesabaran kita. Bagaimana kita bisa bertahan menghadapi dentuman persoalan yang semakin diperkacau dengan keadaan. Tapi satu hal yang perlu ditekankan bahwa Tuhan tidak mungkin menguji umatNya melebihi batas kemampuan yang ia punya. Jadi serahkan hasil hanya kepada Sang Pencipta setelah berusaha dengan sekuat tenaga. Apapun yang terjadi, keyakinan selalu menjadi alasan utama untuk seseorang bisa berpegang teguh dan sabar menjalani cobaan. Berpikirlah bahwa Tuhan akan menaikkan level kita sehingga Dia pun membutuhkan bukti. Seringkali perasaan putus asa datang menghampiri. Menilik kondisi yang sudah tidak bersahabat apalagi dikucilkan banyak orang. Maka dari situ kita bisa mengaplikasikan kata bijak rohani yang dicuplik

Kumpulan Renungan Harian Pemuda Kristen Terbaru, Orang Muda Pasti Bisa

Shalom... Jangan Takut! Yohanes 6:16-21 Ketika para murid bertolak dengan perahu, danau gelap menjadi menakutkan. Langit hitam pekat, angin menderu mengancam, semua rasa aman hancur ditelan ombak yang bergelora. Ketika gelombang menghantam, rasa takut sulit dikendalikan, bahkan kehadiran Yesus pun sulit dipahami. Tak ada alasan untuk para murid mengantisipasi Yesus yang berjalan ke arah mereka di atas air yang gelap (19). Ketakutan mereka memuncak. “Ini aku, jangan takut!”, kata Yesus. Namun, murid-murid tak sepenuhnya memahami apa yang sedang terjadi saat itu. Badai yang mengamuk dapat menggoncang kepastian apa pun dalam hidup. Seorang jurnalis menulis di New York Times tentang pengalamannya terkena serangan jantung yang hampir merenggut nyawanya pada usia 38 tahun. Pengalaman itu menimbulkan trauma yang melumpuhkan, rasanya mirip seperti tersambar peluru tetapi tidak mati, tuturnya. Trauma itu membuat pikirannya sering terobsesi pada kematian yang menghantui di set