Skip to main content

Jurusan Kuliah Menjanjikan Gaji Tinggi

Hallo para camaba??
Gimana kabar hasil UTBK nya tadi siang? Untuk kamu kamu yang sudah dinyatakan lulus aku ucapkan selamat ya.. Selamat Karana kamu sudah menerima hasil dari kerja keras mu selama ini. Tapi buat kamu yang belum lulus jangan berkecil hati dulu.. Bisa jadi penempetan jurusan kamu aja yang belum sesuai. Nah di kesempatan kali ini saya akan membantu kamu untuk kembali melihat potensi yang ada pada diri kamu.
Sebelum itu mari kita evaluasi diri kita dulu, akan apa yang kita lakukan selama persiapan UTBK, apakah usaha yang kita lakukan sudah maksimal? Atau apakah pelajaran yang kita pelajari selama ini tidak tepat sasaran? Atau ada yang seperti saya, sudah mati matian belajar tapi tetap tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Orang banyak bilang t"ada orang yang terlahir bodoh di dunia ini, yang ada hanya orang malas yang tak mau belajar". Saya rajin belajar, terus kenapa saya tidak mendapatkan hasil yang maksimal???








Yapp sudah pasti jawabannya, karna hal itu tidak sesuai dengan pasion kamu. Coba kamu evaluasi lagi, apakah saat kamu memilih jurusan kamu betul betul menyukainya? Apakah kamu merasa tidak akan kesulitan nantinya jika mengambil jurusan itu? Kalau tidak, coba kamu ingat ingat lagi apa hal yang sangat ingin kamu lakukan ketika kamu dewasa nanti. INGAT! Hal yang ingin kamu lakukan bukan yang orang lain lihat. Itu dia hal sama yang tentunya berbeda. Alangkah lebih indah jika kamu mengambil jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

Kali ini saya akan memaparkan 4 jurusan yang pastinya akan sangat menyenangkan ketika di jalani. Eitssss... Bukan hanya menyenangkan tapi tentunya menjanjikan...


1. Tata Boga

Apa itu Tata Boga?
Tata Boga

Program studi Tata Boga mempelajari teknik penyajian makanan dengan memperhatikan kualitas, rasa, estetika, dan kebutuhan gizi. Kamu akan belajar mengolah berbagai hidangan dari daerah dan negara. Misalnya masakan barat, masakan Cina, masakan timur tengah, masakan italia, dan masakan nusantara. Tidak hanya belajar mengolah makanan, tapi kamu juga akan belajar bagaimana meracik minuman dan mempelajari cara menghidangkannya. Tentu saja kamu juga aspek sanitasi dan hygiene, gizi, dan pelayanan adalah ilmu yang juga harus kamu pelajari di prodi Tata Boga.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Masih banyak yang beranggapan kalau prodi Tata Boga identik dengan perempuan. Padahal banyak laki-laki yang sukses berkecimpung di dunia Tata Boga. Selain itu, masih banyak juga yang beranggapan masak-memasak itu mudah. Faktanya di prodi ini kamu tidak hanya belajar memasak dalam prakteknya, namun banyak juga teori yang harus di perhatikan dalam pengolahan, penyajian, dan penghidangan makanan dalam industri kuliner.

Prospek Kerja Jurusan Tata Boga
Kuliner tidak akan pernah ada matinya.Tau dong kalau saat ini industri kuliner lagi marak maraknya diberbagai belahan dunia. Ada banyak orang yang rela menghabiskan jutaan uangnya hanya untuk menikmati cita rasa yang sesuai dengan hatinya

Di sektor pariwisata juga ikut serta meningkatkan antusiasme di bidang kuliner. Lulusan Tata Boga dapat berkarir di industri kuliner sendiri, maupun di industri pariwisata. Lulusannya dapat berkarir sebagai koki atau chef, baker, barista, atau bartender di berbagai hotel, restoran, dan kafe.

Bayangkan jika kamu fokus dalam bidang kuliner, ada berapa banyak usaha yang bisa kamu jalankan. Menarik bukan, masih ragu dengan jurusan tata boga??



2. Tata Busana

Apa itu Tata Busana?
Program studi Tata Busana sering juga disebut dengan nama Fashion Design di beberapa perguruan tinggi. Pada program studi ini di pelajari teknik mendesain, belajar membuat pola, menjahit, dan seluk beluk produksi busana atau fashion. Nggak Cuma soal produksi, disini kita juga diajarin tentang analisa tren, bagaimana marketing dan manajemen bisnis fashion. Biasanya, di akhir perkuliahannya anak Tata Busana (Fashion Design) akan mengadakan fashion show sebagai tugas final mereka. Seru kan? Biasanya di perguruan tinggi negeri program studi ini bernama program studi Tata Busana, tapi di beberapa perguruan tinggi swasta yang mengadopsi kurikulum internasional program studi ini lebih dikenal dengan nama Fashion Design. Memang artinya sama aja, sih. Mata kuliahnya pun hampir sama aja. Namun di program studi Fashion Design di perguruan tinggi swatsa umumnya, kita akan belajar tentang fashion dari perspektif Paris sebagai kiblat fashion dunia dengan pencampuran budaya Indonesia. Program studi Tata Busana (Fashion Design) umumnya berjenjang pendidikan Diploma 2 (D2), Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4) atau setara Strata 1 (S1). Pada perguruan tinggi swasta juga tersedia program kursus untuk yang minat belajar tentang fashion dalam waktu 1 tahun saja, dan di akhir kita akan di beri sertifikat dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Dunia mode selalu mengalami perubahan, terutama di negara-negara pusat mode seperti London, Paris, Milan dan New York. Penting bagi industri pakaian untuk mengikuti tren yang berlaku agar pakaian produksi mereka laku dijual. Oleh karena itu, pakar di bidang desain mode dan tekstil sangat diperlukan oleh industri ini. Kalau kamu suka menggambar dan mendesain pakaian, seorang fashionista, ingin jadi desainer terkenal, boleh banget ambil program studi Tata Busana (Fashion Design) dalam pilihan mu. Selain itu, jurusan ini membutuhkan kreativitas yang tinggi. Kamu juga harus mempunyai minat terhadap beragam kebudayaan dan tradisi yang mempengaruhi gaya pakaian suatu masyarakat.

Prospek Kerja Jurusan Tata Busana
Prospek kerja di dunia fesyen sangat terbuka lebar. Baju dan pakaian tak lagi hanya sekadar pakai, akan tetapi telah berkembang menjadi mode. Apabila kamu mengambil jurusan ini dan mempunyai kemampuan serta keahlian yang sangat hebat di bidang fashion design, tak perlu takut untuk tidak bisa berkarya. Ada banyak profesi yang bisa digeluti lulusan Tata Busana (Fashion Design) selain sebagai perancang busana atau desainer, seperti desainer tekstil, pattern maker, fashion stylist, fashion illustrator, konsultan fashion, dan jurnalis fashion. Selain itu, peluang untuk berwirausaha dengan mengembangkan merk fashion sendiri, atau pun bekerja dengan perusahaan-perusahaan besar yang telah memiliki merk ternama di dunia bisa jadi pilihan.


3. Tata Rias dan Kecantikan

Apa itu Tata Rias dan Kecantikan?
Para mahasiswa yang mengambil program studi Tata Rias ini akan mempelajari tata rias Indonesia dan internasional, Beberapa hal yang dipelajari adalah cara menyanggul, menata rambut, memotong rambut, merias wajah menggunakan bahan dan alat kosmetika. Program studi ini diharapkan bisa menyiapkan sumber daya manusia yang profesional dan ahli di bidang tata rias.
Tata Rias dan Kecantikan

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Program studi ini sangat cocok buat kamu yang ingin mendalami dunia tata rias. Saat ini tata rias masih sangat dibutuhkan terutama di bidang event dan entertainment. Dan jangan salah, nggak cuma cewek aja lho yang bisa masuk ke dunia tata rias, tapi cowok juga. Banyak make-up artist ternama yang merupakan laki-laki,

Prospek Kerja Jurusan Tata Rias dan Kecantikan
Kecantikan dan penampilan fisik bisa menjadi komoditas yang menghasilkan uang. Saat ini, kita hidup pada zaman di mana setiap orang sangat memperhatikan penampilan sebagai suatu hal yang sangat penting. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh para lulusan program studi Tata Rias.

4. Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi

Apa itu Ilmu Komunikasi?
Komunikasi adalah suatu kajian ilmu yang sangat luas dan intens, pasalnya dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dari komunikasi. Tapi jangan kira kalau ilmu komunikasi itu cuma pelajaran ngomong doang! Tahu nggak, kalau komunikasi itu ada banyak macam nya, mulai dari komunikasi intrapersonal (dengan diri sendiri), komunikasi interpersonal (dengan orang lain), komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, hingga komunikasi massa. Ilmu Komunikasi ini adalah induk dari ilmu turunannya yang lain seperti Jurnalistik, Penyiaran, Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Desain Komunikasi Visual, Periklanan (Adveritising), Performing Arts Communication, dan lain-lain. Pada program studi Ilmu Komunikasi kita diajarkan tentang bagaimana proses penyampaian pesan agar menjadi efektif dan dapat mencapai sasaran yang dituju. Lulusan program studi Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunkasi (S.I.Kom)

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?
Di program studi Ilmu Komunikasi, yang dipelajari bukan hanya cara mengobrol dengan orang lain. Ilmu komunikasi tidak hanya diperuntukkan untuk orang yang suka ngomong atau ekstrovert saja, karena Ilmu Komunikasi sangat luas cakupannya. Kamu yang suka menulis, desain grafis, dan fotografi juga cocok jadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Pelajaran yang di suguhkan di program studi ini juga sangat seru-seru, seperti public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi. Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Kita bisa juga bilang kalau Ilmu Komunikasi itu adalah gabungan antara ilmu dan seni dalam mengolah pesan. Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi
Komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan. Karena pada dasarnya ilmu komunikasi itu lahir dari berbagai disiplin ilmu sosial seperti sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan hubungan internasional, nggak heran kalau prospek lulusan Ilmu Komunikasi juga sangat luas. Lulusan Ilmu Komunikasi nggak hanya bisa berkecimpung di industri media, tapi di berbagai macam organisasi. Sebagai humas atau PR di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat komuikasi politik, pengamat media, masih banyak, deh pokoknya!

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Renungan Harian Pemuda Kristen Terbaru, Orang Muda Siap Dibentuk

Shalom... ORANG MUDA SIAP BERPROSES Bacaan: Yosua 1 : 1-11 Nats : Yosua 1 : 8  “Jangan engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam…sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil….” Sahabat muda-mudi, hidup adalah proses. Perubahan dan keberhasilan pun membutuhkan proses. Tidak ada hasil baik yang diperoleh dengan mudah meskipun dunia sekarang ini lebih suka dengan hal-hal yang serba cepat dan instan. Jargon “lebih cepat lebih baik” tidak selalu tepat dan tidak bisa diterapkan untuk segala hal sebab segala sesuatu mempunyai prosesnya. Karena itu, yang penting di sini adalah menjalani proses sesuai dengan apa yang seharusnya. Baca Juga  Renungan Harian Pemuda Kristen Terbaru, Orang Muda Pasti Bisa Sahabat Muda, kita bisa belajar dari kisah perjalanan bangsa Israel ke tanah Kanaan menunjukkan bahwa menjalani proses merupakan bagian dari kehendak Tuhan. Tidak semua orang orang bisa masuk ke negeri yang dijanjikan Tuhan. Bahkan Mus

150 Kata-Kata Bijak, Motivasi dan Renungan Rohani Kristen yang Akan Mengawali Harimu dengan Lebih Menyenangkan

Shalom .... Tentu ada titik lemah dimana seseorang tidak bisa membedakan mana jalan yang harus ditempuh dan harus dihindari. Itu adalah hal yang wajar, apalagi ketika berhadapan dengan tumpukan masalah yang datang silih berganti. Disinilah permasalahan akan menguji kesabaran kita. Bagaimana kita bisa bertahan menghadapi dentuman persoalan yang semakin diperkacau dengan keadaan. Tapi satu hal yang perlu ditekankan bahwa Tuhan tidak mungkin menguji umatNya melebihi batas kemampuan yang ia punya. Jadi serahkan hasil hanya kepada Sang Pencipta setelah berusaha dengan sekuat tenaga. Apapun yang terjadi, keyakinan selalu menjadi alasan utama untuk seseorang bisa berpegang teguh dan sabar menjalani cobaan. Berpikirlah bahwa Tuhan akan menaikkan level kita sehingga Dia pun membutuhkan bukti. Seringkali perasaan putus asa datang menghampiri. Menilik kondisi yang sudah tidak bersahabat apalagi dikucilkan banyak orang. Maka dari situ kita bisa mengaplikasikan kata bijak rohani yang dicuplik

Kumpulan Renungan Harian Pemuda Kristen Terbaru, Orang Muda Pasti Bisa

Shalom... Jangan Takut! Yohanes 6:16-21 Ketika para murid bertolak dengan perahu, danau gelap menjadi menakutkan. Langit hitam pekat, angin menderu mengancam, semua rasa aman hancur ditelan ombak yang bergelora. Ketika gelombang menghantam, rasa takut sulit dikendalikan, bahkan kehadiran Yesus pun sulit dipahami. Tak ada alasan untuk para murid mengantisipasi Yesus yang berjalan ke arah mereka di atas air yang gelap (19). Ketakutan mereka memuncak. “Ini aku, jangan takut!”, kata Yesus. Namun, murid-murid tak sepenuhnya memahami apa yang sedang terjadi saat itu. Badai yang mengamuk dapat menggoncang kepastian apa pun dalam hidup. Seorang jurnalis menulis di New York Times tentang pengalamannya terkena serangan jantung yang hampir merenggut nyawanya pada usia 38 tahun. Pengalaman itu menimbulkan trauma yang melumpuhkan, rasanya mirip seperti tersambar peluru tetapi tidak mati, tuturnya. Trauma itu membuat pikirannya sering terobsesi pada kematian yang menghantui di set